Kamis, 26 Februari 2009

Cara Merawat Anjing

posted by Angga Pradiktya Harinto di Kamis, Februari 26, 2009
Awal-awal punya anjing, aku masih sering pusing dibuatnya. Soalnya jarang banget info yang aku dapet, buku yang bahas anjing juga jarang, makanya sekarang aku mau bagi pengalaman gimana serunya melihara anjing..

1. Persiapan mental
Sebelum kita bener-bener melihara anjing, kita musti bener-bener siap menerima anjing masuk dalam kehidupan kita. Memang siy, kalo liat anak anjing yang lucu-lucu itu, bawaanya pasti pengen buru-buru dibawa pulang, tapi jangan salah... Ngurus anjing tuh gak sesimpel yang kita bayangkan. Kita harus sediain tempat yang cukup nyaman bwat si doggy. Kita juga musti telaten bersihin kandangnya, kotorannya, ngasih makan. Gimana? masih mau lanjut?

2. Kompromi sama orang rumah
Kalo kita tinggal sendiri siy santai aja. Tapi kalo kita masih tinggal sama keluarga, bapak, ibu, kakak, adik, kakek, nenek. Belum tentu mereka semua suka melihara anjing. Jadi bilang dulu sama orang rumah kalo kita mau melihara anjing. Gak lucu kan kalo misalnya ibu kita jadi gak betah di rumah gara-gara ada anjing, hehehehehe...

3. Kasih Perhatian
Anjing tuh binatang yang cerdas menurut aku. Mereka juga butuh yang namanya perhatian. Beri waktu mereka bwat main-main sama kita. Jangan cuma ditinggal sendiri di rumah bwat jadi satpam. Ajak anjing besosialisasi sama dunia luar, biar si anjing gak jadi egois n galak. Ajak jalan-jalan aja, pasti si doggy seneng, kita juga bisa sekalian olahraga kan?

4. Kasih makan teratur
Kasih makan anjing secara teratur. Kalo puppies di bawah 3 bulan, biasanya masih rakus. Beri jatah maem 4 sampai 5 kali sehari antara jam 08.00 sampe jam 18.00. Kalo dah lebih dari 3 bulan, rakusnya bakal berkurang, paling jadi 3 kali sehari. Makin gede jadi makin jarang, 2 kali sehari udah cukup lah... Yang penting, jadwal makan anjing tuh musti teratur, kalo gak, mereka nanti jadi males maem lho...

5. Jaga kebersihan dan kesehatan anjing kita
Anjing juga butuh mandi lho, biar bersih 'n gak bau. Kalo masih puppies siy mending dilap pake kain basah aja biar gak masuk angin, hehehehe... Cek kesehatannya juga, anjing perlu divaksin, biar gak gampang kena penyakit. Trus potong kukunya secara teratur biar gak numbuh terlalu panjang 'n malah melukai dirinya sendiri..

Sementara itu dulu aja yaa, capek juga ngetiknya. Kalo masih ada yang mau ditanyain, akan aku jawab sebisa aku deh, hehehehe...

2 comments:

Dinda mengatakan...

wah, seru niy...

Kalo melihara anjing bulu panjang sama bulu pendek beda gak ya?
trus bedanya apa aja?

thanks before

angga pradiktya mengatakan...

hai dinda..
maaf ya baru dibalas, hehehehe...

Tentunya kalo bulu panjang akan lebih ribet, karena lebih sering rontok, harus rajin disisir, dan juga kalo mandi lebih lama keringnya..

Kalo untuk perawatan lainnya sih sama aja kog :)

Poskan Komentar

 

LIVE.LOVE.LAUGH Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea