Sabtu, 24 September 2011

Perawatan Setelah Anjing Melahirkan

posted by Angga Pradiktya di Sabtu, September 24, 2011
Kita bisa memeriksa puting si induk secara berkala untuk memastikan puppy tidak terinfeksi. Kita juga bisa membersihkan puting si induk dengan cara mengusapnya dengan handuk hangat. Potong juga kuku tiap puppies yang panjang biar gak melukai kulit induknya. Biasanya eeknya akan lebih lunak karena si induk mengalami kebiasaan makan yang baru.

Gak usah panik saat kita tahu sang induk memakan kotorannya sendiri di masa2 awal setelah melahirkan, itu adalah hal yang wajar  yang dilakukan oleh ibu baru dan biasanya tidak akan membuatnya terluka atau sakit. Selama seminggu setelah melahirkan, si induk masih mengeluarkan gumpalan darah. Jika lebih dari seminggu masih mengeluarkan gumpalan darah, maka harus segera diperiksa dan ditindaklanjuti.

Secara naluriah sang induk akan mengurus sendiri anak2nya, jadi kita gak perlu ikut2an ribet ngurusin bayinya. Bahkan ada beberapa anjing yang jadi galak kalo anaknya dideketin, tapi akan berangsur-angsur normal seiring berjalannya waktu. Induk akan mulai merawat anak2nya 2-4 jam setelah melahirkan. Ingat, anak2 anjing membutuhkan suhu ruangan yang nyaman.Mata bayi anjing akan terbuka saat usia mereka sekitar 2 minggu. Kunjungan pertama ke dokter hewan saat usia puppy 3 minggu untuk pemberian obat cacing dan tes kesehatan. Setelah usia ini, puppy sudah bisa diberi makanan tambahan, tentunya masih yang lunak2...

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan daerah tempat tidur puppies. Perhatikan kebiasaan makan mereka dan pertambahan berat badan mereka, sehingga kita bisa menentukan mana puppy yang butuh penanganan ekstra atau nutrisi tambahan. Jangan berikan susu manusia (maksudnya susu sapi yang buat manusia). Susu pengganti hanya diberikan untuk menambah nutrisi anakan yang kecil (< ukuran normal). Satu atau dua anakan yang kecil dalam suatu litter adalah hal yang wajar. Selalu bersihkan daerah anakan dari serbuan kutu, karena kutu dapat menguras darah anakan dan sangatlah berbahaya.

Begitu mereka berusia 6-8 minggu, mereka baru siap untuk diadopsi.

Luv,

Ang_

0 comments:

Poskan Komentar

 

kisasindahood.com Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea