Jumat, 23 September 2011

Tanda Anjing Hamil

posted by Angga Pradiktya di Jumat, September 23, 2011
Masa kehamilan pada anjing biasanya sekitar 2 bulan dihitung setelah hari pemacakan, pada awal kehamilan biasanya tanda kehamilan secara fisik belum kelihatan, tapi biasanya sudah mulai terlihat perubahan perilakunya. Ini dia..

Gak mau dikawin lagi
Anjing yang hamil, walaupun masih masa lup biasanya udah gak mau dikawin lagi sama pejantan. Anjing saya jadi berubah galak pas udah hamil, kayanya dia frustasi gara-gara diuber-uber si jantan terus minta kawin, hehehehe...

Perubahan nafsu makan
Anjing hamil biasanya nafsu makannya bertambah, hal itu karena si jabang bayi juga butuh nutrisi yang cukup untuk berkembang. Tapi saat akhir kehamilan ada juga anjing hamil yang jadi males makan, harus tetep dikasih makan lho yaa, biar tetep sehat calon bayi dan induknya.

Cari perhatian
Anjing yang hamil biasanya jadi lebih manja, selalu mencari perhatian sang majikan. Si Carla sekarang jadi girang banget tiap saya pulang, padahal dulu cuek banget, gak pernah mau dateng walo udah saya panggil. Sekarang dia dikit-dikit nyariin saya, deket-deket saya, suka cium2 (padahal dulu gak pernah). Anjing hamil juga jadi lebih males, kerjaannya tidur mulu. Untuk si Carla, sekarang dia sukanya tidur di kasur saya, padahal dulu di bawah, pokoknya dia selalu cari tempat yang anget dan empuk gitu.

Sedangkan untuk tanda kehamilan secara fisik biasanya baru kelihatan jelas setelah usia kehamilan 4-5 minggu. Tanda-tandanya antara lain:

Kemaluan membengkak
Jika setelah masa lup berakhir dan kemaluan tetap membengkak dan mengeluarkan lendir bening, kemungkinan pemacakan berhasil dan terjadi kehamilan.

Perut bergetar
Jika perut anjing betina terus bergetar bisa jadi anjing hamil (ini ciri-ciri yang diberikan Pak Klonthong - pawang trekenal di kota Solo)

Perut membesar
pada usia kehamilan 4 minggu biasanya perut sudah kelihatan membesar, yang dimaksud di sini adalah perut bagian rusuk ya, kalo bagian bawah sih besar karena banyak makan, hehehehe... Kalo diraba perutnya juga anget, pokoknya lebih panas dari suhu perut anjing yang gak hamil.

Puting membesar
Puting juga akan semakin membesar karena mulai memproduksi air susu, akan terbentuk semacam saluran yang menghubungkan setiap puting gitu di sepanjang perut. Puting juga terasa hangat kalo dipegang dan warnanya mulai pink kemerahan. Bulu di sekitar puting juga akan rontok, hal ini untuk memudahkan bayi menyusu kelak. Mendekati masa melahirkan puting akan semakin membesar dan keluar air susu bila dipencet.

Itulah beberapa ciri-ciri untuk mengetahui anjing kamu hamil atau tidak. Tapi kalo kamu pengen lebih memastikan lagi, bisa priksain anjing kamu ke klinik atau Puskeswan, kalo drh'nya pinter, dia bisa tau anjing hamil atau tidak lewat palpasi. Tapi kalo lebih manteb lagi ya di-USG.


love,

Ang_



0 comments:

Poskan Komentar

 

kisasindahood.com Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea